Sabtu, 06 Juni 2015

20. SECONDPRINCE MELEMAHKAN KE-SHAHIH-AN RIWAYAT DOA NABI UNTUK MUAWIYAH SEBAGAI PEMBERI PETUNJUK



Telah bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
اللهم اجْعَلْه هادياً مَهْدياً، واهْدِ به

“Ya Allah, jadikanlah Mu’awiyah pembawa petunjuk yang memberikan petunjuk. Berikanlah petunjuk padanya dan petunjuk (bagi umat) dengan keberadaannya”.

Riwayat Abu Mushir -> Sa’id->Rabi’ah->Abdurrahman
  1. Abu Zur’ah sebagaimana disebutkan dalam Mu’jam Asy Syamiyin Thabraniy no. 334; juga disebutkan Abu Nu’aim dalam Ma’rifat Ash Shahabah no 4129, dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyq 59/81-82.
  2. Muhammad bin ‘Auf Al Himshiy sebagaimana disebutkan Ibnu Abi ‘Aashim dalam Al Ahad Al Matsaaniy 2/358 no 1129
  3. Muhammad bin Sahl bin Askar sebagaimana disebutkan Al Baghaawiy dalam Mu’jam Ash Shahabah 4/491 dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyiq 6/61 dan Tarikh Dimasyiq 59/82.
  4. ‘Abbas bin ‘Abdullah At Tarqufiy sebagaimana disebutkan dalam Juz At Tarqufiy no 46, Al Khatib dalam Tarikh Baghdad 1/207, Al Jurqaaniy dalam Abaathiil Wal Manakiir no 182, Aajurriy dalam Asy Syari’ah no 1917, Al Lalkaa’iy dalam Syarh Ushul I’tiqaad no 2288 dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyiq 59/82.
  5. Yahya bin Ma’in sebagaimana disebutkan Al Aajurriy dalam Asy Syari’ah no 1914 & 1916 dan Ibnu Jauziy dalam Al Ilal Al Mutanaahiyah 1/275 no 442
  6. Muhammad bin Rizqullah Al Kaluudzaaniy sebagaimana disebutkan Al Aajurriy dalam Asy Syari’ah no 1915
  7. Muhammad bin Yahya Adz Dzuhliy sebagaimana disebutkan At Tirmidzi dalam Sunan-nya no 3842.
  8. Al Bukhari sebagaimana yang disebutkannya dalam kitabnya Tarikh Al Kabir 5/240
  9. Ibnu Sa’ad sebagaimana yang disebutkannya dalam kitabnya Thabaqat Al Kubra 7/418
  10. Muhammad bin Mughiirah sebagaimana disebutkan Al Khatib dalam Talkhis Al Mutasyaabih 1/405-406
Mereka semua meriwayatkan dari Abu Mus-hir dari Sa’id bin ‘Abdul Aziz dari Rabi’ah bin Yazid dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah secara marfu’

Riwayat Marwan bin Muhammad->Sa’id->Rabi’ah->Abdurrahman (dengan lafaz sima’)

  1. Abul Azhar sebagaimana dalam Tarikh Al Kabir Bukhari juz 7 no.1405, juga disebutkan Ibnu Asakir dalam kitabnya Tarikh Dimasyiq 59/80.
  2. Muhammad bin ‘Auf Al Himshiy sebagaimana disebutkan Ibnu Abi ‘Aashim dalam Al Ahad Al Matsaaniy 2/358 no 1129
  3. Salamah bin Syabiib sebagaimana disebutkan Al Baghawiy dalam Mu’jam Ash Shahabah 4/490 dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyiq 59/80
  4. Ibrahiim bin Iisa sebagaimana disebutkan Abu Syaikh Al Ashbahan dalam Thabaqat Al Muhadditsin 2/343 dan Abu Nu’aim dalam Akhbaru Ashbahaan 1/180
  5. Iisa bin Hilaal As Saaliihiy sebagaimana disebutkan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyiq 59/80 dan Al Mizziy dalam Tahdzib Al Kamal 17/321
  6. Shafwan bin Shalih sebagaimana disebutkan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyiq 59/81
Mereka semua meriwayatkan dari Marwan bin Muhammad dari Sa’id bin ‘Abdul Aziz dari Rabi’ah bin Yazid dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah secara marfu’


Riwayat Marwan bin Muhammad->Said->Rabi’ah->Abu Idris->Abdurrahman
  1. Muhammad bin Mushaffaa : Telah mengkhabarkan kepada kami Marwaan bin Muhammad : Telah menceritakan kepadaku : Sa’iid bin ‘Abdul-‘Aziiz, dari Rabii’ah bin Yaziid, dari Abu Idriis, dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah secara marfu’. (Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir 59/80)
Sanad hadits ini munkar, karena adanya tambahan Abu Idriis antara Rabii’ah bin Yaziid dan ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah. Kekeliruan ini berasal dari Muhammad bin Mushaffaa. Ia, walaupun seorang yang jujur, tapi mempunyai kekeliruan dan riwayat-riwayat yang diingkari


Riwayat Umar bin ‘Abdul Wahiid->Said->Rabi’ah->Abdurrahman
  1. Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ibrahim Al-Anmaathiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Mahmuud bin Khaalid : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Umar bin ‘Abdil-Waahid : Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Rabii’ah bin Yaziid, dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah, dari Nabi. Diriwayatkan oleh Ibnu Qaani’ dalam Mu’jamush-Shahaabah (2/146)
  2. Telah mengkhabarkan kepada kami Ya’quub bin Sufyaan Abu Yusuf Al-Faarisiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Mahmuud bin Khaalid Al-Azruq, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin ‘Abdil-Waahid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Rabii’ah bin Yaziid, dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah Al-Muzanniy, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda (berdoa) untuk Mu’awiyyah. Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah (2/450 no. 697)
  3. Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad bin Al-Akfaaniy : Telah menceritakan kepada kami Abu Muhammad Al-Kattaaniy : Telah mengkhabarkan kepada kami Tammaam bin Muhammad Abu ‘Abdillah bin Marwaan : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Al-Mu’allaa : Telah memberitakan kepada kami Mahmuud : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Umar bin ‘Abdil-Waahid, dari sa’iid – yaitu Ibnu ‘Abdil-‘Aziiz - , dari Rabii’ah bin Yaziid, dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah Al-Muzanniy, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda (berdoa) untuk Mu’awiyyah. Diriwayatkan Ibnu ‘Asaakir (59/82-83)

Riwayat Umar bin Abdil Wahid->Said->Rabi’ah->Abu Idris -> Abdurrahman
  1. Telah mengabarkan kepada kami Abu Hafsh bin Syaahiin yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Sulaiman yang berkata telah menceritakan kepada kami Mahmuud bin Khaalid yakni Ad Dimasyiqiy yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin ‘Abdul Waahid dari Sa’id bin ‘Abdul ‘Aziiz dari Rabii’ah bin Yaziid dari Abu Idriis Al Khawlaniy dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah [Juz Abu Dzar Al Haraawiy no 34]
Riwayat ini syadz karena berbeda dengan 3 perawi Mahmud yang lain (Abu Bakar bin Al Mualla, Ya’quub bin Sufyaan Abu Yusuf Al-Faarisiy, dan Ishaaq bin Ibrahim Al-Anmaathiy)

Riwayat Muhammad bin Sulaiman bin Abi Dawud ->Said->Rabi’ah->Abdurrahman.
  1. Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Qaasim Zaahir dan Abu Bakr Wajiih – yang keduanya anak dari Thaahir bin Muhammad, serta Abul-Futuuh ‘Abdul-Wahhaab bin Syaah bin Ahmad; mereka bertiga berkata : Telah memberitakan kepada kami Ahmad bin Al-Hasan bin Muhammad Al-Azhariy : Telah memberitakan kepada kami Al-Hasan bin Ahmad Al-Makhladiy : Telah memberitakan kepada kami Abu Bakr ‘Abdullah bin Muhammad bin Muslim Al-Isfiraayiniy : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Ghaalib Al-Anthaaqiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Sulaiman : Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Rabii’ah bin Yaziid, dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amirah Al-Muzanniy – dan ia termasuk shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam - : Bahwasannya ia mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda. Diriwayatkan pula oleh Ibnu ‘Asaakir (59/83)

Riwayat Al Walid bin Muslim->Said->Rabi’ah->Abdurrahman.
  1. Ali bin Bahr dalam Ahmad (4/216) dan dari jalannya Ibnu ‘Asaakir (59/83)
  2. Muhammad bin Jariir Ath-Thabariy : Telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Al-Waliid : Telah mengkhabarkan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar: Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid – sebagaimana riwayat jama’ah. (Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir 6/61-62)
  3. Muhammad bin Jariir Ath-Thabariy : Telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Al-Waliid : Telah mengkhabarkan kepada kami Shafwaan bin Shaalih, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid – sebagaimana riwayat jama’ah. (Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir 6/61-62)
  4. As-Saajiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Shafwaan bin Shaalih : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Waliid bin Muslim. Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir (59/81) 

Riwayat Al Walid bin Muslim->Said->Rabiah->Abu Idris->Abdurahman
  1. Telah mengabarkan kepada kami Abu Hafsh bin Syaahiin yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Sulaiman yang berkata telah menceritakan kepada kami Mahmuud bin Khaalid yakni Ad Dimasyiqiy yang berkata telah menceritakan kepada kami Walid yakni Ibnu Muslim dari Sa’id bin ‘Abdul ‘Aziiz dari Rabii’ah bin Yaziid dari Abu Idriis Al Khawlaniy dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah [Juz Abu Dzar Al Haraawiy no 34]
Riwayat ini syadz karena berbeda dengan 3 perawi Mahmud yang lain (Abu Bakar bin Al Mualla, Ya’quub bin Sufyaan Abu Yusuf Al-Faarisiy, dan Ishaaq bin Ibrahim Al-Anmaathiy) serta berbeda dengan para perawi dari Al Walid bin Muslim yang lain.

Riwayat Al-Waliid bin Muslim->Sa’iid->Yunus bin Maisarah->‘Abdurrahman
  1. Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah (2/451-452 no. 699), Ibnu Qaani’ (2/146), Ath-Thabaraniy dalam Al-Ausath (no. 656), Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah (8/358), dan Al-Ashbahaaniy dalam Al-Hujjah (2/377-378), dari jalan Zaid bin Abiz-Zarqaa’ (ح).
  2. Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam Musnad Asy-Syaamiyyiin (1/181, 3/254) dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah (8/358) – dari jalan keduanya (Ath-Thabaraniy dan Abu Nu’aim) Ibnu ‘Asaakir (59/83) dan Adz-Dzahabiy dalam As-Siyar (8/37-38), meriwayatkan dari jalan ‘Aliy bin Sahl.

Keterangan para perawi :
  1. Abu Mus-hir Ia adalah ‘Abdul-‘A’laa bin Mus-hir Al-Ghassaaniy Ad-Dimasyqiy, seorang yang tsiqah lagi mempunyai keutamaan. Wafat pada tahun 219 H.
  2. Marwaan bin Muhammad bin Hassaan Al-Asadiy Ath-Thaathariy Ad-Dimasyqiy. Seorang yang tsiqah. Wafat pada tahun 210 H. Muslim dan Ashaabus-Sunan meriwayat darinya.
  3. Umar bin ‘Abdil-Waahid bin Qais As-Sulamiy Ad-Dimasyqiy, seorang yang tsiqah. Wafat pada tahun 200 H – ada yang mengatakan setelahnya.
  4. Muhammad bin Sulaiman bin Abi Dawud Al-Harraaniy,shaduuq (jujur).Wafat th. 213 H.
  5. Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz At-Tanuukhiy Ad-Dimasyqiy, seorang yang tsiqah lagi imam. Ahmad menyamakan kedudukannya dengan Al-Auza’iy. Wafat pada tahun 167 H – ada yang mengatakan setelahnya. Al-Bukhari meriwayat haditsnya dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim dalam Shahih-nya, dan Ashhaabus-Sunan.
  6. Rabii’ah bin Yaziid Ad-Dimasyqiy, seorang yang tsiqah dan ‘aabid (ahli ibadah). Wafat pada tahun 121 H. Jama’ah ahli hadits meriwayatkan darinya.
  7. Yunus bin Maisarah, ia adalah Abu Halbas. Dikatakan juga Abu ‘Abdillah Ad-Dimasyqiy. Seorang tsiqah lagi ahli ibadah. Wafat pada tahun 132 H.

Kajian Riwayat
  • Nampaklah jalur yang shahih dari Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Rabii’ah bin Yaziid, dari ‘Abdurrahman secara marfu’ – yang merupakan riwayat jama’ah.
  • Juga shahih dari jalan Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Yunus bin Maisarah, dari ‘Abdurrahman secara marfu’.
  • Inilah yang shahih, sebagaimana telah dituliskan.

Syubhat Secondprince
Seperti biasa orang majhul ini membuat masalah pada pembahasan riwayat ini dengan mengatakan :
  • Terdapat idhthirab pada jalur sanadnya dan matannya.
  • Riwayat ini terputus akibat Rabiah tidak menemui peristiwa tersebut.
  • Diperselisihkan status kashahabatan Abdurrahman bin Abi Amirah.
  • Diperselisihkan nama Abdurrahman bin Abi Amirah.
  • Terdapat ikhtilath bagi Said bin Abdil Aziz.
 
Jawaban 
Imam Bukhariy dalam At-Taariikh (7/327)
Telah berkata kepadaku Ibnu Azhar, yaitu Abul-Azhar : Telah mengkhabarkan kepada kami Marwaan bin Muhammad Ad-Dimasyqiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid : Telah mengkhabarkan kepada kami Rabii’ah bin Yaziid : Aku mendengar ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah Al-Muzanniy berkata : Aku mendengar Nabi shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang Mu’awiyyah bin Abi Sufyaan.
Perhatikan !!! seluruh jalur sanad riwayat diatas menggunakan lafaz sima’ pada masing-masing thabaqah perawi, yang menandakan bahwa masing-masing perawi benar-benar mendengar langsung atas riwayat tersebut, sehingga hilanglah idhthirab sanadnya sekaligus inqitha’nya.

Adapun idhthirab pada matan, yaitu pada riwayat "Ya Allah ajarkan Muawiyah al kitab ..." dengan riwayat ini, maka penjelasannya adalah sbb :

Telah shahih dalam riwayat ini lafaz sima' pada tiap thabaqahnya, dan para perawinya adalah para perawi tsiqah yang tidak jarhnya, maka ke-shahih-an riwayat ini berdiri dengan kokoh, adapun riwayat kedua telah diriwayatkan pula dengan sanad ini dan telah ada mutaba'ahnya yaitu Irbadh bin Sariyah, sehingga dapat diketahui bahwa 2 riwayat tersebut adalah 2 riwayat yang berdiri sendiri.

Adapun perkataan Secondprince dengan mempermasalahkan status pershahabatannya ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah adalah hal yang sangat mengherankan !! 

Pertama, pada sebagian riwayat disebutkan ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah telah menggunakan lafadh yang jelas (tashrih) penyimakan riwayat dari Nabi shallllaahu ‘alaihi wa sallam seperti sanad Ath-Thabaraniy dalam Musnad Asy-Syaamiyyiin (1/190-191 no. 334) :  “Telah menceritakan kepada kami Abu Zur’ah : Telah menceritakan kepada kami Abu Mus-hir : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Rabii’ah bin Yaziid, dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah Al-Muzanniy, ia berkata : “Aku telah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Mu’awiyyah”.

Tentu saja, orang yang telah melihat, mendengar, dan meriwayatkan hadits dari beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah dari kalangan shahabat.

Kedua, perawi yang membawakan riwayat (yaitu Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz) telah menegaskan bahwa ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah adalah shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Misalnya sanad Al-Khathiib dalam Taariikh-nya (1/207) : “Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin ‘Umar bin Bazhaan Al-Ghazzaaliy, ia berkata : Telah memberitakan kepada kami Isma’il bin Muhammad Ash-Shaffaar, ia berkata : Telah memberitakan kepada kami ‘Abbaas bin ‘Abdillah At-Tarqufiy, ia berkata : Telah memberitakan kepada kami Abu Mus-hir, ia berkata : Telah memberitakan kepada kami Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Rabii’ah bin Yaziid, dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah Al-Muzanniy – Sa’iid berkata : ‘Ia termasuk shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam – , dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : Bahwasannya beliau bersabda tentang diri Mu’awiyyah”.

Perawi lebih mengetahui tentang apa yang diriwayatkannya dibanding selainnya. Dan kami tidak memandang dalam hal ini Ibnu ‘Abdil-Barr yang juga diikuti oleh Ibnul-Atsiir lebih mengetahui tentang diri ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah dibanding Sa’iid. Apalagi beliau tidak mempunyai pendahulu dan telah menyelisihi jumhur ahli hadits yang menegaskan ‘Abdurrahman termasuk shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Dua alasan di atas sekaligus menjawab syubhat adanya inqitha’ bahwa ‘Abdurrahman tidak mendengar riwayat/hadits ini dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Kalaupun kita terima alasan mereka bahwa ‘Abdurrahman tidak mendengar hadits ini dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam – setelah tetapnya pershahabatnya dengan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam – maka mursal shahabiy adalah hujjah menurut muhadditsiin.

Para ulama berselisih pendapat tentang nama ‘Abdurrahman dan penisbatannya. Ada yang mengatakan Ibnu ‘Amiirah, Ibnu ‘Amiir, dan Ibnu Abi ‘Amiirah. Yang benar adalah yang terakhir (Ibnu Abi ‘Amiirah) dimana ini merupakan pendapat jumhur ulama membawakan riwayat bahwa ia adalah Ibnu Abi ‘Amiirah, dengan fat-hah pada huruf ‘ain dan kasrah pada huruf miim, sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Maakulaa dalam Al-Ikmaal (6/276, 279). Ibnu ‘Asaakir telah berpanjang lebar dalam menjelaskan biografinya dalam Taariikh Dimasyq (35/231-dst.). Abu Haatim menegaskan kebenaran nama ini dalam Al-‘Ilal (6/382). 

Tentang penisbatannya, ada yang mengatakan Al-Murriy, Al-Azdiy, dan Al-Muzanniy. Yang benar adalah nisbah ketiga yang merupakan pendapat jumhur dalam sebagian besar riwayat. Perbedaan nama ‘Abdurrahman dan penisbatannya ini tidaklah mempengaruhi keshahihan hadits, karena yang ditunjukkan oleh nama-nama tersebut tertuju satu orang yang sama, sebagaimana dalam kitab-kitab biografi. Selain itu, perbedaan tersebut tetap dapat di-tarjih berdasarkan riwayat mayoritas dari jalur yang shahih, sebagaimana terlihat.

Tentang dakwaan Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz bahwa ia telah berubah hapalannya (secara mutlak sehingga harus ditolak periwayatannya), maka ini merupakan pencacatan yang berlebihan.

Tidak ada satupun ulama mutaqaddimiin yang mendakwa Sa’iid telah bercampur hapalannya (ikhtilaath) secara asal. Ia termasuk orang Syaam yang paling teguh/tsabt (atsbatusy-Syaamiyyiin) dan yang paling shahih haditsnya – sebagaimana dikatakan oleh Ahmad bin Hanbal dan yang lainnya. Bahkan beliau (Ahmad) menyamakannya dengan Al-Auza’iy. Bahkan Abu Mus-hir mendahulukan Sa’iid daripada Al-Auza’iy.

Perkataan bahwa Sa’id telah berubah/tercampur hapalannya sebelum wafatnya adalah berasal dari Abu Mus-hir yang notabene merupakan muridnya [lihat Tahdziibut-Tahdziib 4/60. Lihat juga Taariikh Ibnu Ma’iin – riwayat Ad-Duuriy no. 5377]. Padahal hadits keutamaan Mu’awiyyah di sini dibawakan oleh Abu Mus-hir – dan ia merupakan riwayat jam’ah (bersama Abu Mus-hir, Marwaan bin Muhammad Ath-Thaathariy, ‘Umar bin ‘Abdil-Waahid, Muhammad bin Sulaimaan Al-Harraaniy, dan Al-Waliid bin Muslim) !!!. Lantas, bagaimana bisa dikatakan bahwa Abu Mus-hir mengambil riwayat Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz setelah tercampur/berubah hapalannya ?! padahal Abu Mus-hir telah mengunggulkan riwayat Sa’’id daripada Al-Auza’iy……

Muslim dalam Shahih-nya telah menggunakan riwayat Abu Mus-hir, Al-Waliid bin Muslim, dan Marwaan bin Muhammad dari Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz. Tentu saja mereka semua mengambil riwayat Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz sebelum tercampur hapalannya di akhir hayatnya.

Dan Al-Waliid bin Muslim di sini mempunyai dua jalan periwayatan Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz sampai pada ‘Abdurrahman bin Abi ‘Amiirah yang shahih, yaitu melalui perantaraan Rabii’ah bin Yaziid dan Yunus bin Maisarah.

Oleh karena itu, ta’lil (pencacatan) mereka atas diri Sa’iid dalam hadits ini sangat tidak bisa diterima. 

Sedikit tambahan :
Adapun ta’lil Ibnul-Jauziy yang mengatakan bahwa hadits di atas berporos pada Muhammad bin Ishaaq, dan ia adalah Ibnu Harb Al-Balkhiy, bukan seorang yang tsiqah – maka ini adalah kekeliruan dan kealpaan beliau yang sangat jelas. Muhammad bin Ishaaq di sini adalah Ash-Shaaghaaniy, seorang yang tsiqah sebagaimana dijelaskan oleh Adz-Dzahabiy Talkhiish Al-‘Ilal Al-Mutanaahiyyah (225). Kesalahan ini serupa dengan penyandaran pelemahan riwayat dikarenakan perawi yang bernama Isma’il bin Muhammad. 

Beliau katakan bahwa ia adalah perawi yang telah didustakan Ad-Daaruquthniy. Lagi-lagi ini keliru, sebab Isma’il di sini adalah Ash-Shaffaar, seorang yang tsiqah; sedangkan yang didustakan oleh Ad-Daaruquthniy adalah Al-Muzanniy yang meriwayatkan dari Abu Nu’aim.

Kesimpulannya : Riwayat keutamaan Muawiyah akibat doa Rasulullah saw berderajat SHAHIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar