Benarkah Mazhab Syi’ah Mengkafirkan Mayoritas Sahabat Nabi?
Salah satu diantara Syubhat para pembenci
Syi’ah [baik dari kalangan nashibiy atau selainnya] adalah Syi’ah
mengkafirkan mayoritas sahabat Nabi kecuali tiga orang. Mereka mengutip
beberapa hadis dalam kitab Syi’ah untuk menunjukkan syubhat tersebut.
Dalam tulisan ini akan kami tunjukkan bahwa syubhat tersebut dusta, yang benar di sisi mazhab Syi’ah adalah para
sahabat Nabi telah tersesat dalam perkara Imamah Aliy bin Abi Thalib
[‘alaihis salaam] tetapi itu tidak mengeluarkan mereka dari Islam dan terlepas dari perkara Imamah cukup banyak para sahabat Nabi yang dipuji oleh Imam Ahlul Bait [‘alaihis salaam]
Dalam pembahasan ini akan dibahas
hadis-hadis mazhab Syi’ah yang sering dijadikan hujjah untuk menunjukkan
kekafiran mayoritas sahabat Nabi. Hadis-hadis tersebut terbagi menjadi
dua yaitu
- Hadis yang dengan jelas menggunakan lafaz “murtad”
- Hadis yang tidak menggunakan lafaz “murtad”
Hadis Dengan Lafaz Murtad
Hadis yang menggunakan lafaz murtad dalam
masalah ini ada lima hadis, empat hadis kedudukannya dhaif dan satu
hadis mengandung illat [cacat] sehingga tidak bisa dijadikan hujjah.
Berikut hadis-hadis yang dimaksud
Riwayat Pertama
علي بن الحكم عن سيف بن عميرة عن أبي بكر الحضرمي قال قال أبو جعفر (عليه السلام) ارتد الناس إلا ثلاثة نفر سلمان و أبو ذر و المقداد. قال قلت فعمار ؟ قال قد كان جاض جيضة ثم رجع، ثم قال إن أردت الذي لم يشك و لم يدخله شيء فالمقداد، فأما سلمان فإنه عرض في قلبه عارض أن عند أمير المؤمنين (عليه السلام) اسم الله الأعظم لو تكلم به لأخذتهم الأرض و هو هكذا فلبب و وجئت عنقه حتى تركت كالسلقة فمر به أمير المؤمنين (عليه السلام) فقال له يا أبا عبد الله هذا من ذاك بايع فبايع و أما أبو ذر فأمره أمير المؤمنين (عليه السلام) بالسكوت و لم يكن يأخذه في الله لومة لائم فأبى إلا أن يتكلم فمر به عثمان فأمر به، ثم أناب الناس بعد فكان أول من أناب أبو ساسان الأنصاري و أبو عمرة و شتيرة و كانوا سبعة، فلم يكن يعرف حق أمير المؤمنين (عليه السلام) إلا هؤلاء السبعة
Aliy bin Al Hakam dari Saif bin Umairah dari Abi Bakar Al Hadhramiy yang berkata Abu Ja’far [‘alaihis salaam] berkata orang-orang murtad kecuali tiga yaitu Salman, Abu Dzar dan Miqdaad. Aku berkata ‘Ammar?. Beliau berkata “sungguh ia telah berpaling kemudian kembali” kemudian Beliau berkata “sesungguhnya orang yang tidak ada keraguan didalamnya sedikitpun adalah Miqdaad, adapun Salman bahwasanya ia nampak dalam hatinya nampak bahwa di sisi Amirul Mukminin [‘alaihis salaam] terdapat nama Allah yang paling agung yang seandainya ia meminta dengannya maka bumi akan menelan mereka. Dia ditangkap dan diikat lehernya sampai meninggalkan bekas, ketika Amirul mukminin melintasinya, Ia berkata kepadanya [Salman] “wahai Abu ‘Abdullah, inilah akibat perkara ini, berbaiatlah” maka ia berbaiat. Adapun Abu Dzar maka Amirul Mukminin [‘alaihis salaam] memerintahkannya untuk diam dan tidak terpengaruh dengan celaan para pencela di jalan Allah, ia menolak dan berbicara maka ketika Utsman melintasinya ia memerintahkan dengannya, kemudian orang-orang kembali setelah itudan mereka yang pertama kembali adalah Abu Saasaan Al Anshariy, Abu ‘Amrah dan Syutairah maka mereka jadi bertujuh, tidak ada yang mengenal hak Amirul Mukminin [‘alaihis salaam] kecuali mereka bertujuh [Rijal Al Kasyiy 1/47 no 24]
Riwayat Al Kasyiy di atas sanadnya dhaif
karena terputus Antara Al Kasyiy dan Aliy bin Al Hakaam.
Disebutkan riwayat di atas oleh Al Mufiid
dalam Al Ikhtishaash dengan sanad yang bersambung hingga Aliy bin Al
Hakam, berikut sanadnya
علي بن الحسين بن يوسف، عن محمد بن الحسن، عن محمد بن الحسن الصفار، عن محمد بن إسماعيل، عن علي بن الحكم، عن سيف بن عميرة، عن أبي بكر الحضرمي قال: قال أبوجعفر عليه السلام: ارتد الناس إلا ثلاثة نفر: سلمان وأبوذر، والمقداد
Aliy bin Husain bin Yuusuf dari Muhammad bin Hasan dari Muhammad bin Hasan Ash Shaffaar dari Muhammad bin Isma’iil dari ‘Aliy bin Al Hakam dari Saif bin ‘Umairah dari Abu Bakar Al Hadhramiy yang berkata Abu Ja’far [‘alaihis salaam] berkata “orang-orang telah murtad kecuali tiga yaitu Salmaan, Abu Dzar dan Miqdaad…[Al Ikhtishaash Syaikh Mufiid hal 10]
Terlepas dari kontroversi mengenai kitab
Al Ikhtishaash Syaikh Mufiid. Riwayat Al Mufiid di atas sanadnya dhaif
sampai Aliy bin Al Hakam karena Aliy bin Husain bin Yuusuf dan Muhammad
bin Isma’iil majhul
Kesimpulannya riwayat di atas dhaif tidak tsabit sanadnya sampai ke Aliy bin Al Hakam maka tidak bisa dijadikan hujjah
.
.
Riwayat Kedua محمد بن إسماعيل، قال حدثني الفصل بن شاذان، عن ابن أبي عمير عن إبراهيم بن عبد الحميد، عن أبي بصير، قال: قلت لأبي عبد الله ارتد الناس الا ثلاثة أبو ذر وسلمان والمقداد قال: فقال أبو عبد الله عليه السلام: فأين أبو ساسان وأبو عمرة الأنصاري؟
Muhammad bin Isma’iil berkata telah menceritakan kepadaku Al Fadhl bin Syadzaan dari Ibnu Abi ‘Umair dari Ibrahiim bin ‘Abdul Hamiid dari Abi Bashiir yang berkata aku berkata kepada Abu ‘Abdullah “orang-orang telah murtad kecuali tiga yaitu Abu Dzar, Salmaan dan Miqdaad”. Maka Abu ‘Abdullah [‘alaihis salaam] berkata “maka dimana Abu Saasaan dan Abu ‘Amrah Al Anshaariy?” [Rijal Al Kasyiy 1/38 no 17]
Riwayat ini sanadnya dhaif karena Muhammad bin Isma’iil An Naisaburiy yang meriwayatkan dari Fadhl bin Syadzaan adalah seorang yang majhul [Al Mufiid Min Mu’jam Rijal Al Hadits hal 500]
.
.
Riwayat Ketiga عدة من أصحابنا، عن محمد بن الحسن عن محمد بن الحسن الصفار، عن أيوب بن نوح، عن صفوان بن يحيى، عن مثنى بن الوليد الحناط، عن بريد بن معاوية، عن أبي جعفر عليه السلام قال: ارتد الناس بعد النبي صلى الله عليه وآله إلا ثلاثة نفر: المقداد بن الأسود، وأبو ذر الغفاري وسلمان الفارسي، ثم إن الناس عرفوا ولحقوا بعد
Sekelompok dari sahabat kami dari Muhammad bin Hasan dari Muhammad bin Hasan Ash Shaffaar dari Ayuub bin Nuuh dari Shafwaan bin Yahya dari Mutsanna bin Waliid Al Hanaath dari Buraid bin Mu’awiyah dari Abi Ja’far [‘alaihis salaam] yang berkata “orang-orang telah murtad sepeninggal Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] keucali tiga yaitu Miqdaad bin Aswad, Abu Dzar Al Ghifaariy, dan Salman Al Faarisiy kemudian orang-orang mengenal dan mengikuti setelahnya [Al Ikhtishaas Syaikh Mufiid hal 6]
Riwayat Al Mufiid di atas kedudukannya
dhaif karena tidak dikenal siapakah “sekelompok sahabat” yang
dimaksudkan dalam sanad tersebut.
.
.
Riwayat Keempatوعنه عن محمد بن الحسن، عن محمد بن الحسن الصفار، عن محمد بن الحسين، عن موسى بن سعدان، عن عبد الله بن القاسم الحضرمي، عن عمرو بن ثابت قال سمعت أبا عبد الله عليه السلام يقول إن النبي صلى الله عليه وآله لما قبض ارتد الناس على أعقابهم كفارا ” إلا ثلاثا ” سلمان والمقداد، وأبو ذر الغفاري، إنه لما قبض رسول الله صلى الله عليه وآله جاء أربعون رجلا ” إلى علي بن أبي طالب عليه السلام فقالوا لا والله لا نعطي أحدا ” طاعة بعدك أبدا “، قال ولم؟ قالوا إنا سمعنا من رسول الله صلى الله عليه وآله فيك يوم غدير [خم]، قال وتفعلون؟ قالوا نعم قال فأتوني غدا ” محلقين، قال فما أتاه إلا هؤلاء الثلاثة، قال وجاءه عمار بن ياسر بعد الظهر فضرب يده على صدره، ثم قال له مالك أن تستيقظ من نومة الغفلة، ارجعوا فلا حاجة لي فيكم أنتم لم تطيعوني في حلق الرأس فكيف تطيعوني في قتال جبال الحديد، ارجعوا فلا حاجة لي فيكم
Dan darinya dari Muhammad bin Hasan dari Muhammad bin Hasan Ash Shaffaar dari Muhammad bin Husain dari Muusa bin Sa’dan dari ‘Abdullah bin Qaasim Al Hadhramiy dari ‘Amru bin Tsabit yang berkata aku mendengar ‘Abu ‘Abdullah [‘alaihis salaam] mengatakan “Sesungguhnya setelah Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] wafat, maka orang-orang murtad kecuali tiga orang yaitu Salman, Miqdad dan Abu Dzar Al Ghiffariy. Sesungguhnya setelah Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] wafat, datanglah empat puluh orang lelaki kepada Aliy bin Abi Talib. Mereka berkata “Tidak, demi Allah! Selamanya kami tidak akan mentaati sesiapapun kecuali kepadamu. Beliau berkata Mengapa?. Mereka berkata “Sesungguhnya kami telah mendengar Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] menyampaikan tentangmu pada hari Ghadir [Khum]. Beliau berkata “apakah kamu semua akan melakukannya?” Mereka berkata “ya”. Beliau berkata “datanglah kamu besok dengan mencukur kepala”. [Abu ‘Abdillah] berkata “Tidak datang kepada Ali kecuali mereka bertiga. [Abu ‘Abdillah] berkata: ‘Ammar bin Yasir datang setelah Zuhur. Beliau memukul tangan ke atas dadanya dan berkata kepada Ammar Mengapa kamu tidak bangkit daripada tidur kelalaian? Kembalilah kamu, kerana aku tidak memerlukan kamu. Jika kamu tidak mentaati aku untuk mencukur kepala, lantas bagaimana kamu akan mentaati aku untuk memerangi gunung besi, kembalilah kamu, aku tidak memerlukan kamu” [Al Ikhtishaash Syaikh Mufiid hal 6]
Riwayat Syaikh Al Mufiid di atas
berdasarkan Ilmu Rijal Syi’ah sanadnya dhaif jiddan karena Musa bin
Sa’dan dan ‘Abdullah bin Qaasim Al Hadhramiy
Riwayat Kelima
حنان، عن أبيه، عن أبي جعفر (ع) قال: كان الناس أهل ردة بعد النبي (صلى الله عليه وآله) إلا ثلاثة فقلت: ومن الثلاثة؟ فقال: المقداد بن الاسود وأبوذر الغفاري و سلمان الفارسي رحمة الله وبركاته عليهم ثم عرف اناس بعد يسير وقال: هؤلاء الذين دارت عليهم الرحا وأبوا أن يبايعوا حتى جاؤوا بأمير المؤمنين (ع) مكرها فبايع وذلك قول الله تعالى: ” وما محمد إلا رسول قد خلت من قبله الرسل أفإن مات أو قتل انقلبتم على أعقابكم ومن ينقلب على عقبيه فلن يضر الله شيئا وسيجزي الله الشاكرين
Hannan dari ayahnya [Sadiir], dari Abu Ja‘far [‘alaihis salaam] yang berkata “Sesungguhnya orang-orang adalah Ahli riddah [murtad] setelah Nabi [shallallahu ‘alaihi wa alihi] wafat kecuali tiga orang. [Sadiir] berkata ‘Siapa ketiga orang itu?’ Maka Beliau berkata ‘Miqdaad bin Aswad, Abu Dzar Al Ghifariy dan Salman Al Farisiy [semoga Allah memberikan rahmat dan barakah kepada mereka]. Kemudian orang-orang mengetahui sesudah itu. Beliau berkata mereka itulah yang menghadapi segala kesulitan dan tidak memberikan ba’iat sampai mereka mendatangi Amirul Mukminin [‘alaihissalaam] yang dipaksa mereka memberi ba’iat. Demikianlah yang difirmankan Allah SWT “Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang Rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang Rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang, barang siapa yang berbalik ke belakang maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun dan Allah akan memberi balasan kepada orang yang bersyukur [Al Kafiy Al Kulainiy 8/246 no 341]
Sebagian orang mendhaifkan sanad ini
dengan mengatakan bahwa riwayat Al Kulainiy terputus Antara Al Kulainiy
dan Hanaan bin Sadiir.
Nampaknya hal ini tidak benar berdasarkan
penjelasan berikut
Riwayat di atas juga disebutkan Al Kasyiy dalam kitab Rijal-nya dengan sanad Dari Hamdawaih dan Ibrahim bin Nashiir dari Muhammad bin ‘Utsman dari Hannan dari Ayahnya dari Abu Ja’far
[Rijal Al Kasyiy 1/26 no 12].
Al Majlisiy dalam kitabnya Bihar Al Anwar
mengutip hadis Al Kasyiy tersebut kemudian mengutip sanad Al Kafiy
dengan perkataan berikut
الكافي: علي عن أبيه عن حنان مثله
Al Kafiy : Aliy [bin Ibrahim] dari Ayahnya dari Hanaan seperti di atas [Bihar Al Anwar 28/237]
Al Kulainiy menyebutkan dalam Al Kafiy pada riwayat sebelumnya sanad yang sama yaitu nampak dalam riwayat berikut
علي بن ابراهيم، عن أبيه، عن حنان بن سدير، ومحمد بن يحيى، عن أحمد بن محمد عن محمد بن إسماعيل، عن حنان بن سدير، عن أبيه قال: سألت أبا جعفر
Aliy bin Ibrahim dari Ayahnya dari Hanaan bin Sadiir dan Muhammad bin Yahya dari Ahmad bin Muhammad dari Muhammad bin Isma’iil dari Hanaan bin Sudair dari Ayahnya yang berkata aku bertanya kepada Abu Ja’far [‘alaihis salaam]… [Al Kafiy Al Kulainiy 8/246 no 340]
Maka disini dapat dipahami bahwa dalam pandangan Al Majlisiy sanad utuh riwayat tersebut adalah Aliy bin Ibrahim dari Ayahnya dari Hanaan dari Ayahnya dari Abu Ja’far [‘alaihis salaam]
Sanad ini para perawinya tsiqat selain Sadiir bin Hakiim Ash Shairaafiy,
ia tidak dikenal tautsiq-nya dari kalangan ulama mutaqaddimin Syi’ah
tetapi Allamah Al Hilliy telah menyebutkannya dalam bagian pertama
kitabnya yang memuat perawi yang terpuji dan diterima di sisi-nya.
Dalam
kitabnya tersebut Al Hilliy juga menukil Sayyid Aliy bin Ahmad Al
Aqiiqiy yang berkata tentang Sadiir bahwa ia seorang yang mukhalith
[kacau atau tercampur] [Khulashah Al Aqwaal hal 165 no 3].
Pentahqiq
kitab Khulashah Al Aqwal berkata bahwa lafaz mukhalith tersebut bermakna
riwayatnya ma’ruf dan mungkar
Dapat disimpulkan bahwa dalam pandangan
Allamah Al Hilliy, Sadiir bin Hakiim termasuk perawi yang diterima hanya
saja dalam sebagian riwayatnya kacau sehingga diingkari. Kedudukan
perawi seperti ini tidak bisa dijadikan hujjah jika tafarrud dan tidak
diterima hadisnya jika bertentangan dengan riwayat perawi tsiqat.
Berikut riwayat shahih dari Abu Ja’far [‘alaihis salaam] yang
membuktikan keislaman para sahabat pada saat itu
أبى رحمه الله قال: حدثنا سعد بن عبد الله قال: حدثنا أحمد بن محمد ابن عيسى، عن العباس بن معروف، عن حماد بن عيسى، عن حريز، عن بريد بن معاوية، عن أبي جعفر ” ع ” قال: إن عليا ” ع ” لم يمنعه من أن يدعو الناس إلى نفسه إلا انهم ان يكونوا ضلالا لا يرجعون عن الاسلام أحب إليه من أن يدعوهم فيأبوا عليه فيصيرون كفارا كلهم
Ayahku [rahimahullah] berkata telah menceritakan kepada kami Sa’d bin ‘Abdullah yang berkata telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Iisa dari ‘Abbaas bin Ma’ruuf dari Hammad bin Iisa dari Hariiz dari Buraid bin Mu’awiyah dari Abi Ja’far [‘alaihis salaam] yang berkata sesungguhnya Aliy [‘alaihis salaam], tidak ada yang mencegahnya mengajak manusia kepadanya kecuali bahwa mereka dalam keadaan tersesat tetapi tidak keluar dari Islam lebih ia sukai daripada ia mengajak mereka dan mereka menolaknya maka mereka menjadi kafir seluruhnya [Ilal Asy Syara’i Syaikh Ash Shaduq 1/150 no 10]
Riwayat Syaikh Ash Shaduq di atas sanadnya shahih berdasarkan standar Ilmu Rijal Syi’ah.
Riwayat Syaikh Ash Shaduq dengan jelas
menyatakan bahwa para sahabat yang tidak membaiat Imam Aliy [‘alaihis
salaam] pada saat itu memang dalam keadaan tersesat tetapi tidak keluar
dari Islam.
.
.
.
Hadis Yang Tidak Ada Lafaz Murtad
Hadis Yang Tidak Ada Lafaz Murtad
Ada dua hadis yang tidak mengandung lafaz
“murtad” hanya menunjukkan bahwa mereka para sahabat meninggalkan baiat
atau telah tersesat dan celaka kecuali tiga orang.
Dan berdasarkan
hadis shahih sebelumnya [riwayat Syaikh Ash Shaduq] mereka para sahabat
yang tidak membaiat Imam Aliy adalah orang-orang yang tersesat tetapi
tidak keluar dari Islam
.
Riwayat Pertama
محمد بن مسعود، قال حدثني علي بن الحسن بن فضال، قال حدثني العباس ابن عامر، وجعفر بن محمد بن حكيم، عن أبان بن عثمان، عن الحارث النصري بن المغيرة، قال سمعت عبد الملك بن أعين، يسأل أبا عبد الله عليه السلام قال فلم يزل يسأله حتى قال له: فهلك الناس إذا؟ قال: أي والله يا ابن أعين هلك الناس أجمعون قلت من في الشرق ومن في الغرب؟ قال، فقال: انها فتحت على الضلال أي والله هلكوا الا ثلاثة ثم لحق أبو ساسان وعمار وشتيرة وأبو عمرة فصاروا سبعة
Muhammad bin Mas’ud berkata telah menceritakan kepadaku Aliy bin Hasan bin Fadhl yang berkata telah menceritakan kepadaku ‘Abbas Ibnu ‘Aamir dan Ja’far bin Muhammad bin Hukaim dari Aban bin ‘Utsman dari Al Harits An Nashriy bin Mughiirah yang berkata aku mendengar ‘Abdul Malik bin ‘A’yun bertanya kepada Abu ‘Abdullah [‘alaihis salaam], ia tidak henti-hentinya bertanya kepadanya sampai ia berkata kepadanya “maka orang-orang telah celaka?”. Beliau berkata “demi Allah, wahai Ibnu A’yun orang-orang telah celaka seluruhnya”. Aku berkata “orang-orang yang di Timur dan orang-orang yang di Barat?”. Beliau berkata “sesungguhnya mereka berada dalam kesesatan, demi Allah mereka celaka kecuali tiga kemudian diikuti Abu Saasaan, ‘Ammar, Syutairah dan Abu ‘Amrah hingga mereka jadi bertujuh [Rijal Al Kasyiy 1/34-35 no 14]
Riwayat Al Kasyiy di atas sanadnya
muwatstsaq para perawinya tsiqat hanya saja Aliy bin Hasan bin Fadhl
disebutkan bahwa ia bermazhab Fathahiy dan Aban bin ‘Utsman bermazhab
menyimpang
Riwayat Al Kasyiy di atas tidak bisa
dijadikan hujjah untuk mengkafirkan mayoritas sahabat Nabi karena dalam
lafaz riwayat-nya memang tidak terdapat kata-kata kafir atau murtad.
Riwayat diatas menjelaskan bahwa para sahabat telah celaka dan mengalami
kesesatan [karena perkara wilayah] tetapi hal ini tidaklah mengeluarkan
mereka dari Islam sebagaimana telah ditunjukkan riwayat shahih
sebelumnya.
.
.
.
Riwayat Kedua
حمدويه، قال حدثنا أيوب عن محمد بن الفضل وصفوان، عن أبي خالد القماط، عن حمران، قال: قلت لأبي جعفر عليه السلام ما أقلنا لو اجتمعنا على شاة ما أفنيناها! قال، فقال: الا أخبرك بأعجب من ذلك؟ قال، فقلت: بلي. قال: المهاجرون والأنصار ذهبوا (وأشار بيده) الا ثلاثة
Hamdawaih berkata telah menceritakan kepada kami Ayuub dari Muhammad bin Fadhl dan Shafwaan dari Abi Khalid Al Qamaath dari Hamran yang berkata aku berkata kepada Abu Ja’far [‘alaihis salaam] “betapa sedikitnya jumlah kita, seandainya kita berkumpul pada hidangan kambing maka kita tidak akan menghabiskannya”. Maka Beliau berkata “maukah aku kabarkan kepadamu hal yang lebih mengherankan daripada itu?”. Aku berkata “ya”. Beliau berkata “Muhajirin dan Anshar meninggalkan (pergi meninggalkan kita - tambahan dari kami) [dan ia berisyarat dengan tangannya] kecuali tiga [Rijal Al Kasyiy 1/37 no 15]
Riwayat Al Kasyiy di atas sanadnya shahih berdasarkan standar ilmu Rijal Syi’a.
Riwayat Al Kasyiy di atas juga tidak bisa
dijadikan hujjah untuk mengkafirkan mayoritas sahabat Nabi karena tidak
ada dalam riwayat tersebut lafaz kafir atau murtad. Riwayat ini
menunjukkan bahwa para sahabat meninggalkan Imam Aliy dan membaiat
khalifah Abu Bakar [radiallahu ‘anhu] sepeninggal Nabi [shallallahu
‘alaihi wasallam]. Dan sebagaimana disebutkan dalam riwayat shahih
sebelumnya bahwa mereka telah tersesat tetapi hal itu tidak mengeluarkan
mereka dari Islam.
.
.
Kesimpulan
Dalam mazhab Syi’ah, Para sahabat Nabi yang tidak membaiat Imam Aliy [‘alaihis salaam] telah tersesat [kecuali tiga orang] karena menurut mazhab Syi’ah, Imamah Aliy bin Abi Thalib telah ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Tetapi walaupun begitu disebutkan juga dalam hadis shahih mazhab Syi’ah bahwa kesesatan para sahabat tersebut tidaklah mengeluarkan mereka dari islam.
Selesai perkataan secondprince .....
TANGGAPAN DARI KAMI.
Mudah-mudahan Secondprince tidak sedang bertaqiyah, atau ingin melakukan tasykik (meragukan) atas pengkafiran orang-orang syi'ah terhadap shahabat Rasulullah saw.
Mari kita cermati riwayat-riwayat tentang MURTADNYA SHAHABAT, kalau kita kumpulkan maka akan menjadi riwayat yang shahih (lighirihi)
Perhatikan jalur sanad yang diriwayatkan oleh Syaikh Mufid, ia mendengar dari 3 orang : Ali bin Husain, Muhammad bin Hassan, dan dari sekelompok sahabat Syaikh Mufid.
Diterangkan bahwa Ali bin Husain adalah seorang yang majhul, dan Ali bin Husain menerima riwayat tersebut dari Muhammad bin Hassan, padahal dalam sanad yang lain terbukti bahwa Syaikh Mufid juga menerima riwayat tersebut langsung dari Muhammad bin Hassan, sehingga tidak berpengaruh status majhulnya Ali bin Husain.
Sama seperti kasus diatas, bahwa Syaikh Mufid menerima riwayat tersebut dari sekelompok shahabat beliau, dan kelompok shahabat beliau tadi menerima dari Muhammad bin Hassan, padahal dalam sanad yang lain terbukti bahwa Syaikh Mufid juga menerima riwayat tersebut langsung dari Muhammad bin Hassan, sehingga tidak berpengaruh status mubhamnya sekelompok shahabat Syaikh Mufid tadi.
Sehingga jalur riwayat yang menggunakan lafaz MURTAD dalam riwayat ketiga berstatus SHAHIH, dan berakibat terangkatnya ke-4 riwayat yang lainnya.
Perhatikan jalur sanad yang diriwayatkan oleh Syaikh Mufid, ia mendengar dari 3 orang : Ali bin Husain, Muhammad bin Hassan, dan dari sekelompok sahabat Syaikh Mufid.
Diterangkan bahwa Ali bin Husain adalah seorang yang majhul, dan Ali bin Husain menerima riwayat tersebut dari Muhammad bin Hassan, padahal dalam sanad yang lain terbukti bahwa Syaikh Mufid juga menerima riwayat tersebut langsung dari Muhammad bin Hassan, sehingga tidak berpengaruh status majhulnya Ali bin Husain.
Sama seperti kasus diatas, bahwa Syaikh Mufid menerima riwayat tersebut dari sekelompok shahabat beliau, dan kelompok shahabat beliau tadi menerima dari Muhammad bin Hassan, padahal dalam sanad yang lain terbukti bahwa Syaikh Mufid juga menerima riwayat tersebut langsung dari Muhammad bin Hassan, sehingga tidak berpengaruh status mubhamnya sekelompok shahabat Syaikh Mufid tadi.
Sehingga jalur riwayat yang menggunakan lafaz MURTAD dalam riwayat ketiga berstatus SHAHIH, dan berakibat terangkatnya ke-4 riwayat yang lainnya.
Perhatikan pula riwayat yang ke-5 : di situ dhaif karena Shadiir, dan telah dijelaskan bahwa Shadiir dinyatakan tsiqat tapi mengalami ikhtilath, oleh karena itu riwayatnya akan menjadi SHAHIH kecuali kalau ada riwayat lain yang menyelisihi riwayat tersebut.
Seandainya riwayat ke-5 tersebut adalah Shahih, maka akan mengangkat ke-4 riwayat yang lainnya.
Kalau diperhatikan sungguh-sungguh riwayat Ash Shaduq diatas tidak menyelesihi riwayat Shadiir.
Perhatikan matan kalimat dalam riwayat Ash Shaduq diatas :
"sesungguhnya Aliy [‘alaihis salaam], tidak ada yang mencegahnya mengajak manusia (berbai'at) kepadanya kecuali bahwa mereka dalam keadaan tersesat tetapi tidak keluar dari Islam lebih ia sukai daripada ia mengajak mereka dan mereka MENOLAKNYA maka mereka menjadi kafir seluruhnya."
Artinya, Ali ra membiarkan mereka (tidak mau mengajak mereka) untuk membai'at dirinya sehingga ketika mereka tidak membai'at disebabkan ketidaktahuannya, maka mereka tidak kafir. Akan tetapi apabila mereka diajak lalu mereka menolak, maka mereka menjadi kafir.
Jadi kalau Ali membiarkan mereka lalu mereka tidak berbai'at, mereka tidak kafir, kalau Ali mengajak berbai'at lalu mereka menolak, maka mereka kafir.
Lalu apakah Ali mengajak mereka atau tidak ?
Lalu apakah Ali mengajak mereka atau tidak ?
Maka perhatikan riwayat ke-4 diatas, dimana Ali ra mengajak mereka berkumpul, lalu tidak ada yang datang kecuali tiga orang.
Sehingga menjadi terang benderanglah pemahaman ke-5 riwayat diatas, bahwa menurut Abu Abdullah, bahwa para shahabat menolak untuk berbai'at kepada Ali ra yang berkonsekwnsi ke-KAFIRAN atas mereka.
Apalagi antara kewafatan Nabi saw telah terjadi tiga kali pembai'atan kepada selain Ali, apakah mereka tidak tahu, atau lupa atau menolak ? Rentang waktu yang begitu lama memberikan jawaban yang pasti bahwa mereka MENOLAK untuk berbai'at kepada Ali ra.
Apalagi wasiat Imamah Ali disampaikan pada waktu sepulang dari haji Wada', 4 bulan sebelum wafatnya Nabi, yang mustahil seluruh shahabat lupa dan tidak ada yang mengingatkan, hal ini lebih meng-kokoh-kan bahwa mereka MENOLAK untuk berbai'at.
Terdapat pula riwayat shahih di sisi syi'ah bahwa orang yang menolak wilayah (imamah) adalah KAFIR.
Syaikh Al Hurr Al Amiliy dalam kitabnya Wasa’il Syi’ah
Terdapat pula riwayat shahih di sisi syi'ah bahwa orang yang menolak wilayah (imamah) adalah KAFIR.
Syaikh Al Hurr Al Amiliy dalam kitabnya Wasa’il Syi’ah
وعن علي بن إبراهيم، عن أبيه، وعبد الله بن الصلت جميعا، عن حماد بن عيسى، عن حريز، عن زرارة، عن أبي جعفر (عليهالسلام) – في حديث في الإمامة – قال: أما لو أن رجلا قام ليله وصام نهاره وتصدق بجميع ماله وحج جميع دهره ولم يعرف ولاية ولي الله فيواليه ويكون جميع أعماله بدلالته إليه ما كان له على الله حق في ثوابه ولا كان من أهل الايمان
Dan dari Aliy Ibrahim dari Ayahnya
dan ‘Abdullah bin Ash Shalt keduanya dari Hammaad bin Iisa dari Hariiz
dari Zuraarah dari Abi Ja’far [‘alaihis salaam] hadis tentang Imamah,
Beliau berkata “adapun seandainya seseorang
menegakkan shalat di waktu malam, puasa di waktu siang, bersedekah
dengan seluruh hartanya, haji dengan seluruh umurnya tetapi ia tidak
mengenal wilayah waliy Allah, berwala’ kepadanya, dan menjadikan seluruh
amalnya atas petunjuknya maka ia tidak berhak atas Allah tentang pahala
amalnya dan bukanlah ia termasuk ahlul Iman [Wasa’il Syi’ah Syaikh Al Hurr Al Aamiliy 27/65-66]
Riwayat di atas sanadnya shahih berdasarkan standar ilmu Rijal Syi’ah (tulisan SP dalam https://secondprince.wordpress.com/2014/05/26/shahih-riwayat-syiah-pengakuan-keislaman-ahlus-sunnah).
Selain itu, keterangan secondprince diatas bertentangan dengan ijma' syi'ah imamiyah tentang KEKAFIRAN mereka yang tidak mengakui imamah.
Al-Mufiid berkata :
اتّفقت
الإماميّة على أنّ من أنكر إمامة أحد من الأئمّة وجحد ما أوجبه الله تعالى
له من فرض الطّاعة فهو كافر ضالّ مُستحقّ للخلود في النّار
“Madzhab Imaamiyyah telah BERSEPAKAT bahwasannya siapa saja yang mengingkari imaamah salah seorang di antara para imam, dan mengingkari apa yang telah Allah ta’ala wajibkan padanya tentang kewajiban taat, maka ia kafir lagi sesat berhak atas kekekalan neraka” [Awaailul-Maqaalaat, hal 44 – sumber : http://www.al-shia.org/html/ara/books/lib-aqaed/avael-maqalat/a01.htm].
Oleh karena itu benarlah akidah syi'ah bahwa para shahabat telah MURTAD, kecuali .....
Semoga Second, tidak bertaqiyah......
The best free slots casinos 2021
BalasHapusDiscover the best free slot 강원랜드썰 machine casino list 2021. 마추 자 먹튀 We will provide you with all the best online slots and bonuses for your favorite 폴 댄스 도끼 online 텐벳먹튀 casino games. Rating: 4.9 · Review by Wooricasinos.infoIs it a good choice 사설바카라 for players to play slots for real money?Do casino slots have free spins?