Sabtu, 07 November 2015

TAKHRIJ ASBABUNNUZUL SURAT AL AHZAB AYAT 33

ASBABUN NUZUL BAGIAN PERTAMA
Dalam Sunan Tirmidzi hadis no 3205 dalam Shahih Sunan Tirmidzi Syaikh Al Albani

عن عمر بن أبي سلمة ربيب النبي صلى الله عليه و سلم قال لما نزلت هذه الآية على النبي صلى الله عليه و سلم { إنما يريد الله ليذهب عنكم الرجس أهل البيت ويطهركم تطهيرا } في بيت أم سلمة فدعا فاطمة و حسنا و حسينا فجللهم بكساء و علي خلف ظهره فجللهم بكساء ثم قال اللهم هؤلاء أهل بيتي فأذهب عنهم الرجس وطهرهم تطهيرا قالت أم سلمة وأنا معهم يا نبي الله ؟ قال أنت على مكانك وأنت على خير

Dari Umar bin Abi Salamah, anak tiri Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam yang berkata “Ayat ini turun kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam {Sesungguhnya Allah berkehendak menghilangkan dosa dari kamu wahai Ahlul Bait dan membersihkanmu sebersih-bersihnya.} di rumah Ummu Salamah, kemudian Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memanggil Fatimah, Hasan dan Husain dan menutup Mereka dengan kain dan Ali berada di belakang Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau juga menutupinya dengan kain. Kemudian Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata “ Ya Allah Mereka adalah Ahlul Baitku maka hilangkanlah dosa dari mereka dan bersihkanlah mereka sebersih-bersihnya. Ummu Salamah berkata “Apakah Aku bersama Mereka, Ya Nabi Allah?. Beliau berkata “Kamu tetap pada kedudukanmu sendiri dan kamu dalam kebaikan”.
 
ASBABUN NUZUL BAGIAN KEDUA
Hadits no.1
Al-Imaam Ahmad rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا أَبُو النَّضْرِ هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ يَعْنِي ابْنَ بَهْرَامَ، قَالَ: حَدَّثَنِي شَهْرُ بْنُ حَوْشَبٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أُمَّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ جَاءَ نَعْيُ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ، لَعَنَتْ أَهْلَ الْعِرَاقِ، فَقَالَتْ: قَتَلُوهُ، قَتَلَهُمْ اللَّهُ، غَرُّوهُ وَذَلُّوهُ، لعنهم اللَّهُ، فَإِنِّي رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَاءَتْهُ فَاطِمَةُ غَدِيَّةً بِبُرْمَةٍ، قَدْ صَنَعَتْ لَهُ فِيهَا عَصِيدَةً تَحْمِلُهُ فِي طَبَقٍ لَهَا، حَتَّى وَضَعَتْهَا بَيْنَ يَدَيْهِ، فَقَالَ لَهَا: " أَيْنَ ابْنُ عَمِّكِ؟ " قَالَتْ: هُوَ فِي الْبَيْتِ، قَالَ: " فَاذْهَبِي، فَادْعِيهِ، وَائْتِنِي بِابْنَيْهِ "، قَالَتْ: فَجَاءَتْ تَقُودُ ابْنَيْهَا، كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِيَدٍ، وَعَلِيٌّ يَمْشِي فِي إِثْرِهِمَا، حَتَّى دَخَلُوا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَجْلَسَهُمَا فِي حِجْرِهِ، وَجَلَسَ عَلِيٌّ عَنْ يَمِينِهِ، وَجَلَسَتْ فَاطِمَةُ عَنْ يَسَارِهِ، قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ فَاجْتَبَذَ مِنْ تَحْتِي كِسَاءً خَيْبَرِيًّا، كَانَ بِسَاطًا لَنَا عَلَى الْمَنَامَةِ فِي الْمَدِينَةِ، فَلَفَّهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ جَمِيعًا، فَأَخَذَ بِشِمَالِهِ طَرَفَيْ الْكِسَاءِ، وَأَلْوَى بِيَدِهِ الْيُمْنَى إِلَى رَبِّهِ تَعَالى قَالَ: " اللَّهُمَّ أَهْلِي، أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ، وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا، اللَّهُمَّ أَهْلُ بَيْتِي، أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ، وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا، اللَّهُمَّ أَهْلُ بَيْتِي أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا "، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَلَسْتُ مِنْ أَهْلِكَ ؟ قَالَ: " بَلَى، فَادْخُلِي فِي الْكِسَاءِ "، قَالَتْ: فَدَخَلْتُ فِي الْكِسَاءِ بَعْدَمَا قَضَى دُعَاءَهُ لِابْنِ عَمِّهِ عَلِيٍّ وَابْنَيْهِ وَابْنَتِهِ فَاطِمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ

Telah menceritakan kepada kami Abun-Nadlr Haasyim bin Al-Qaasim : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Hamiid – yaitu Ibnul-Bahraam - , ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Syahr bin Hausyab, ia berkata : Aku mendengar Ummu Salamah istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika datang berita kematian Al-Husain bin ‘Aliy, ia mengutuk penduduk ‘Iraaq. Ummu Salamah berkata : “Mereka telah membunuhnya semoga Allah membinasakan mereka. Mereka menipu dan menghinakannya, semoga Allah melaknat mereka. Karena sesungguhnya aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam didatangi oleh Faathimah pada suatu pagi dengan membawa bubur yang ia bawa di sebuah talam. Lalu ia menghidangkannya di hadapan Nabi. Kemudian beliau berkata kepadanya : “Dimanakah anak pamanmu (Ali)?”. Faathimah menjawab : “Ia ada di rumah”. Nabi berkata : “Pergi dan panggillah ia dan bawa kedua putranya”. Maka Faathimah datang sambil menuntun kedua putranya dan ‘Aliy berjalan di belakang mereka. Lalu masuklah mereka ke ruang Rasulullah dan beliau pun mendudukkan keduanya Al-Hasan dan Al-Husain di pangkuan beliau. Sedagkan ‘Aliy duduk di samping kanan beliau dan Faathimah di samping kiri. Kemudian Nabi menarik dariku kain buatan desa Khaibar yang menjadi hamparan tempat tidur kami di kota Madinah, lalu menutupkan ke atas mereka semua. Tangan kiri beliau memegang kedua ujung kain tersebut sedang yang kanan menunjuk kearah atas sambil berkata : ‘Ya Allah mereka adalah keluargaku maka hilangkanlah dosa dari mereka dan bersihkanlah mereka sebersih-bersihnya.  Ya Allah mereka adalah Ahlul-Baitku maka hilangkanlah dosa dari mereka dan bersihkanlah mereka sebersih-bersihnya. Ya Allah mereka adalah Ahlul Baitku maka hilangkanlah dosa dari mereka dan bersihkanlah mereka sebersih-bersihnya’. Aku berkata : “Wahai Rasulullah bukankah aku juga keluargamu?”. Beliau menjawab “Ya benar. Masuklah ke balik kain ini”. Maka akupun masuk ke balik kain itu setelah selesainya doa beliau untuk anak pamannya dan kedua putranya, serta Fatimah putri beliau radliyallaahu ‘anhum”.
  • Hadits ini diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam tambahannya terhadap Al-Musnad 6/298. Diriwayatkan juga dalam Fadlaailush-Shahaabah 1170 & 1392, Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 2/242-243 no. 770, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 3/114-115 no. 2818 & 23/338 no. 786 (dengan peringkasan); dari beberapa jalan, dari ‘Abdul-Hamiid bin Bahraam, dari Syahr bin Hausyab, dari Ummu Salamah.
  • Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraniy 3/47-48 no. 2666 dari dua jalan dari ‘Abdul-Hamiid bin Bahraam, dari Syahr, dari Ummu Salamah; namun dengan jawaban dari beliau  shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Dan engkau di atas kebaikan”.
Keterangan para perawinya :
  1. Syahr bin Hausyab. Ia dikatakan oleh Ibnu Hajar : “Shaduuq, namun banyak irsaal dan wahm” [At-Taqriib, hal. 441 no. 2846]. Adz-Dzahabiy memasukkan dalam Man Tukullima fii Huwawa Muwatstsaq au Shaalihul-Hadiits hal. 265 no. 162. Hadits Syahr ini banyak dikritik ulama. Sebagian ada yang menghasankan, sebagian ada yang melemahkan. Hadits Syahr ini diterima jika ia mempunyai mutaba’ah untuk menguatkan akurasi riwayat yang disampaikannya. 
  2. Adapun ‘Abdul-Hamiid bin Bahraam, ia adalah Al-Fazaariy Al-Madaainiy. Ia telah ditsiqahkan oleh Abu Daawud, Ahmad bin Hanbal, Ibnu Ma’iin, Ibnul-Madiiniy, Ahmad bin Shaalih Al-Mishriy, dan Ibnu Syaahiin. Al-‘Ijliy An-Nasaa’iy, dan Ibnu ‘Adiy berkata : “Tidak mengapa dengannya”. As-Saajiy : “Shaduuq, namun sering ragu”. Sebagian muhadditsiin mengkritiknya karena banyaknya periwayatannya dari Syahr bin Hausyab, dan ia seorang yang dla’iif – sebagaimana dikatakan Syu’bah, Abu Haatim, dan Ibnu ‘Adiy. Ibnu Hajar menyimpulkan : “Shaduuq” [At-Taqriib, hal. 564 no. 5777]. Adz-Dzahabiy memasukkannya dalam Man Tukullima fii Huwawa Muwatstsaq au Shaalihul-Hadiits hal. 317 no. 202. Al-Arna’uth dan Basyar ‘Awwaad menghukuminya tsiqah [At-Tahriir, 2/ 296 no. 3753]; dan apa yang dikomentarinya itu tidak mendapatkan kritikan dari Maahir Al-Fahl dalam Kasyful-Auhaam. Al-Albaaniy mengatakan : “Shaduuq” [Adl-Dla’iifah, 4/238].
Hadits no. 2

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ غَيْرَ مَرَّةٍ، وَأَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ السُّلَمِيُّ، مِنْ أَصْلِهِ، وَأَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي، قَالُوا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ مُكْرَمٍ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنْ شَرِيكِ بْنِ أَبِي نَمِرٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَتْ: فِي بَيْتِي أُنْزِلَتْف إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًاق، قَالَتْ: فَأَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى فَاطِمَةَ، وَعَلِيٍّ، وَالْحَسَنِ، وَالْحُسَيْنِ، فَقَالَ: " هَؤُلاءِ أَهْلُ بَيْتِي " وَفِي حَدِيثِ الْقَاضِي، وَالسُّلَمِيِّ: هَؤُلاءِ أَهْلِي قَالَتْ: فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَمَا أَنَا مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ؟ قَالَ: بَلَى إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى "، قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ: هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ سَنَدُهُ ثِقَاتٌ رُوَاتُهُ
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh lebih dari sekali[1], Abu ‘Abdirrahmaan Muhammad bin Al-Husain As-Sulamiy dari ashl-nya, dan Abu Bakr Ahmad bin Al-Hasan Al-Qaadliy, mereka berkata : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ya’quub : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Mukram : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin ‘Umar : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin ‘Abdillah bin Diinaar, dari Syariik bin Abi Namir, dari ‘Athaa’ bin Yasaar, dari Ummu Salamah, ia berkata : “Di rumahku turun ayat : Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’ (QS. Al-Ahzaab : 33)”. Ia (Ummu Salamah) berkata : “Lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutus (seseorang) kepada Faathimah, ‘Aliy, Al-Hasan, dan Al-Husain. Beliau bersabda : ‘Mereka itu adalah ahlul-baitku”. (Al-Baihaqiy berkata : ) Dalam hadits Al-Qaadliy dan As-Sulamiy : “Mereka adalah keluargaku (ahlii)”. Ummu Salamah berkata : “Wahai Rasulullah, apakah aku termasuk ahlul-bait ?”. Beliau bersabda : “Ya benar, insya Allahu ta’ala”.
Abu ‘Abdillah berkata : “ Hadits ini shahih sanadnya, para perawinya tsiqaat” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/149].
  • Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/149 dan dalam Al-I’tiqaad hal. 454, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 23/286 no. 627, Al-Baghawiy[2] dalam Syarhus-Sunnah 14/116-117 no. 3912, Abu Nu’aim dalam Akhbaar Ashbahaan 2/222, dan Ibnul-Atsiir dalam Asadul-Ghaabah 5/365 & 5/454; semuanya dari jalan ‘Utsmaan bin ‘Umar dan selanjutnya seperti hadits di atas.
Keterangan para perawinya :
  1. ‘Utsmaan bin ‘Umar, ia adalah bin Faaris bin Laqiith Al-‘Abdiy, seorang yang tsiqah, dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
  2. ‘Abdurrahmaan bin ‘Abdillah bin Diinaar, seorang yang diperbincangkan. Ia telah ditautsiq oleh Al-Bukhaariy dan ‘Aliy bin Al-Madiiniy. Al-Baghawiy berkata : “Shaalihul-hadiits”. Adapun jumhur melemahkannya. Oleh karena itu Ibnu Hajar berkata : “Jujur, namun banyak keliru (shaduuq yukhthi’)” [At-Taqriib, hal. 585 no. 3938]. 
  3. Syariik bin ‘Abdillah bin Abi Namir, perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Beberapa kritikan dialamatkan kepadanya, namun tidak menjatuhkannya pada tingkatan dla’iif. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, namun banyak keliru (yukhthi’)” [At-Taqriib, hal. 436 no. 2803]. Adz-Dzahabiy berkata : “Shaduuq” [Man Tukullimaa fiih, hal. 261-262 no. 159]. Al-Arna’uth dan Basyar ‘Awwad berkata : “Shaduuq, hasanul-hadiits” [At-Tahriir, 2/114 no. 2788].; dan penghukumannya ini tidak mendapatkan kritik Maahir Al-Fahl dalam Kasyful-Auhaam. Al-Albaaniy mempunyai perkataan yang berbeda dalam beberapa tempat tentang dirinya. Misal, di satu tempat beliau berkata : “Tsiqah, termasuk rijaal Al-Bukhariy dan Muslim, meskipun dalam hapalannya ada sesuatu [Ash-Shahiihah, 2/597]. Di tempat lain beliau berkata : “Sayyi’ul-hifdhi” [idem, 2/56]. Yang benar – wallaahu a’lam – ia seorang yang shaduuq lagi hasan haditsnya, namun ia mempunyai sedikit kekurangan dalam hapalannya sehingga keliru dalam menyampaikan beberapa hadits. 
  4. Adapun ‘Athaa’ bin Yasaar, ia seorang yang tsiqah, ia merupakan mutaba'ah bagi Syahr bin Hausyab.
Hadits no. 3
ثنا شَرِيكٌ، عَنْ عَطَاءٍ، أَنَّ هَذِهِ الآيَةَ، نَزَلَتْ فِي بَيْتِ أُمِّ سَلَمَةَ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًاق فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ مِنْ جَانِبِ الْبَيْتِ: أَلَسْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ؟ قَالَ: " بَلَى إِنْ شَاءَ اللَّهُ "، ثُمَّ أَخَذَ ثَوْبًا فَطَرَحَهُ عَلَى فَاطِمَةَ، وَحَسَنٍ، وَحُسَيْنٍ، ثُمَّ قَالَ: إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا
Telah menceritakan kepada kami Syariik, dari ‘Athaa’ : Bahwasannya ayat ini turun di rumah Ummu Salamah : Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’ (QS. Al-Ahzaab : 33). Ummu Salamah berkata dari samping rumah : “Apakah aku, wahai Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, termasuk Ahlul-Bait ?”. Beliau bersabda : “Ya benar, insya Allah”. Kemudian beliau mengambil pakaian lalu mengenakannya kepada Faathimah, Hasan, dan Husain. Lalu beliau membaca ayat : Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’” [Diriwayatkan oleh Ismaa’iil bin Ja’far dalam Hadiits-nya no. 403].
Keterangan para perawinya : Ismaa’iil bin Ja’far bin Abi Katsiir Al-Anshaariy, seorang yang tsiqah lagi tsabat, ia merupakan mutaba'ah bagi ‘Abdurrahmaan bin ‘Abdillah bin Diinaar
   
Hadits no. 4 
 ‘Abdullah bin Wahb, ia merupakan mutaba'ah bagi Syahr bin Hasyab
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، قَالَ: ثنا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، قَالَ: ثنا مُوسَى بْنُ يَعْقُوبَ، قَالَ: ثني هَاشِمُ بْنُ هَاشِمِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَهْبِ بْنِ زَمْعَةَ، قَالَ: أَخْبَرَتْنِي أُمُّ سَلَمَةَ: "أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ عَلِيًّا وَالْحَسَنَيْنِ، ثُمَّ أَدْخَلَهُمْ تَحْتَ ثَوْبِهِ، ثُمَّ جَأَرَ إِلَى اللَّهِ، ثُمَّ قَالَ: " هَؤُلاءِ أَهْلُ بَيْتِي "، قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَدْخِلْنِي مَعَهُمْ، قَالَ: " إِنَّكِ مِنْ أَهْلِي"
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Makhlad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Ya’quub, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Haasyim bin Haasyim bin ‘Utbah bin Abi Waqqaash, dari ‘Abdullah bin Wahb bin Zam’ah, ia berkata : Telah menkhabarkan kepadaku Ummu Salamah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengumpulkan ‘Aliy, Al-Hasan, Al-Husain, lalu memasukkan mereka di bawah pakaian beliau, dan berdoa/memohon kepada Allah ta’ala : “Wahai Rabb-ku, mereka adalah keluargaku”. Ummu Salamah berkata : “Wahai Rasulullah, masukkan aku bersama mereka ?”. Beliau bersabda : “Engkau termasuk keluargaku” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam At-Tafsiir, 20/266].
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thahawiy dalam Musykilul-Aatsaar no. 763.
Keterangan perawinya :
  1. Khaalid bin Makhlad dan Muusaa bin Ya’quub adalah dua orang perawi yang diperbincangkan dalam hapalannya. Untuk Khaalid, yang raajih – wallaahu a’lam - , ia seorang yang shaduuq, namun memiliki afraad (hadits yang ia riwayatkan sendirian) bersamaan dengan sedikit kelemahan dalam hapalannya, sehingga beberapa muhadditsiin mengingkari (sebagian) riwayatnya [lihat : At-Taqriib  hal. 291 no. 1687, Man Tukullima fiih hal. 186-188 no. 101 beserta komentar muhaqqiq-nya dan Al-Mu’jamush-Shaghiir li-Ruwaati Ibni Jariir Ath-Thabariy hal. 147 no. 1016]. 
  2. Adapun Muusaa bin Ya’quub, meskipun seorang yang shaduuq, akan tetapi jelek hapalannya sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar [At-Taqriib, hal. 987 no. 7075]. 
Hadits no. 5
Khaalid bin Makhlad mempunyai mutaba’ah dari Muhammad bin Khaalid bin ‘Utsmaan.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُقْبَةَ الشَّيْبَانِيُّ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ عَثْمَةَ، ثنا مُوسَى بْنُ يَعْقُوبَ الزَّمْعِيُّ، عَنْ هَاشِمِ بْنِ هَاشِمِ بْنِ عُتْبَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَهْبِ بْنِ زَمْعَةَ، قَالَ: أَخْبَرَتْنِي أُمُّ سَلَمَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ فَاطِمَةَ وَالْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ، ثُمَّ أَدْخَلَهُمْ تَحْتَ ثَوْبِهِ، ثُمَّ قَالَ: " اللَّهُمَّ هَؤُلاءِ أَهْلِي "، قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَدْخِلْنِي مَعَهُمْ، قَالَ: " إِنَّكِ مِنْ أَهْلِي "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin ‘Uqbah Asy-Syaibaaniy : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Hulwaaniy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Khaalid bin ‘Utsmaan : Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Ya’quub Az-Zam’iy, dari Haasyim bin Haasyim bin ‘Utbah, dari ‘Abdullah bin Wahb bin Zam’ah, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Ummu Salamah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengumpulkan Faathimah, Al-Hasan, dan Al-Husain, kemudian memasukkan mereka ke pakaian beliau, dan bersabda : “Ya Allah, mereka adalah keluargaku”. Ummu Salamah berkata : Aku berkata : Wahai Rasulullah, masukkan aku bersama mereka”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya engkau termasuk keluargaku (juga)  [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir no. 969 - 19207].
 
Hadits no. 6
قُلْتُ: وَأَنَا مَعَكُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟، قَالَ: " وَأَنْتِ مَعَنَا"
“Aku (Ummu Salamah) berkata : ‘Dan aku bersama kalian wahai Rasulullah ?”. Beliau menjawab : “Dan engkau bersama kami”.
(Diriwayatkan oleh ummu Habiibah bin Kaisan dalam Al Kabiir At Thabaraaniy 23/357 no. 839, namun sanadnya lemah karena padanya ada Ummu Habiibah dan Al-Qaasim, majhuul.)
Kesimpulan atas jalur sanad riwayat ini adalah minimal hasan lighirihi atau bahkan mungkin shahih lighirihi
 
ASBABUN NUZUL BAGIAN KETIGA
Hadits no. 1

وَحَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي دَاوُدَ أَيْضًا، قَالَ: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْمَهْرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو صَخْرٍ، عَنْ أَبِي مُعَاوِيَةَ الْبَجَلِيُّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنْ أَبِي الصَّهْبَاءِ، عَنْ عَمْرَةَ الْهَمْدَانِيَّةِ، قَالَتْ: قَالَتْ لِي أُمُّ سَلَمَةَ: أَنْتِ عَمْرَةُ؟ قَالَتْ: قُلْتُ: نَعَمْ يَا أُمَّتَاهْ، أَلا تُخْبِرِينِي عَنْ هَذَا الرَّجُلِ الَّذِي أُصِيبَ بَيْنَ ظَهْرَانَيْنَا، فَمُحِبٌّ وَغَيْرُ مُحِبٍّ؟ فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: أَنْزَلَ اللَّهُ: إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا وَمَا فِي الْبَيْتِ إِلا جِبْرِيلُ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلِيٌّ وَفَاطِمَةُ وَالْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَأَنَا فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَنَا مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ؟ قَالَ: " أَنْتِ مِنْ صَالِحِي نِسَائِي ". قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: يَا عَمْرَةُ، فَلَوْ قَالَ: " نَعَمْ " كَانَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا تَطْلُعُ عَلَيْهِ الشَّمْسُ وَتَغْرُبُ
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Dawud yang berkata telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Dawud Al Mahriy yang berkata telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Wahb yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Shakhr dari Abu Muawiyah Al Bajaliy dari Sa’id bin Jubair dari Abi Shahba’ dari ‘Amrah Al Hamdaniyah yang berkata Ummu Salamah berkata kepadaku “engkau ‘Amrah?”. Aku berkata “ya, wahai Ibu kabarkanlah kepadaku tentang laki-laki yang gugur di tengah-tengah kita, ia dicintai sebagian orang dan tidak dicintai oleh yang lain. Ummu Salamah berkata “Allah SWT menurunkan ayat Sesungguhnya Allah berkehendak menghilangkan dosa dari kamu wahai Ahlul Bait dan menyucikanmu sesuci-sucinya, dan ketika itu tidak ada di rumahku selain Jibril, Rasulullah, Ali, Fathimah, Hasan, Husein dan aku, aku berkata “wahai Rasulullah apakah aku termasuk Ahlul Bait?”. Beliau [shallallahu ‘alaihi wasallam] berkata “engkau termasuk istriku yang shalih”. Ummu Salamah berkata “wahai ‘Amrah sekiranya Beliau [shallallahu ‘alaihi wasallam] menjawab iya niscaya jawaban itu lebih aku sukai daripada semua yang terbentang antara timur dan barat [dunia dan seisinya] [Asy Syari’ah Al Ajjuri 4/248 no 1542]
Hadits di atas DLA’IIF atau TIDAK SHAHIH letak kelemahannya ada pada ‘Amrah Al-Hamdaaniyyah, seorang yang MAJHUUL HAAL.

Hadits no. 2
Selain itu, saya melihat riwayat ini (yaitu hadits no. 1 diatas) kemungkinan mempunyai ‘illat lain. Dalam riwayat Ath-Thahawiy (Musykiilul-Aatsaar) disebutkan sanad yang lebih ‘aliy :

وَمَا قَدْ حَدَّثَنَا فَهْدٌ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ كَثِيرِ بْنِ عُفَيْرٍ، حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ، عَنْ أَبِي صَخْرٍ، عَنْ أَبِي مُعَاوِيَةَ الْبَجَلِيِّ، عَنْ عَمْرَةَ الْهَمْدَانِيَّةِ ، قَالتْ: أَتَيْتُ أُمَّ سَلَمَةَ، فَسَلَّمْتُ عَلَيْهَا، فَقَالَتْ: مَنْ أَنْتِ؟ فَقُلْتُ: عَمْرَةُ الْهَمْدَانِيَّةُ، فَقَالَتْ عَمْرَةُ: يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ، أَخْبِرِينِي عَنْ هَذَا الرَّجُلِ الَّذِي قُتِلَ بَيْنَ أَظْهُرِنَا، فَمُحِبٌّ وَمُبْغِضٌ، تُرِيدُ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ، قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: أَتُحِبِّينَهُ، أَمْ تُبْغِضِينَهُ؟ قَالَتْ: مَا أُحِبُّهُ وَلا أُبْغِضُهُ، فَقَالَتْ: أَنْزَلَ اللَّهُ هَذِهِ الآيَةَ: إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ إلَى آخِرِهَا، وَمَا فِي الْبَيْتِ إِلا جِبْرِيلُ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلِيٌّ، وَفَاطِمَةُ، وَحَسَنٌ، وَحُسَيْنٌ عَلَيْهِمُ السَّلامُ، فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَنَا مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ؟ فَقَالَ: " إنَّ لَكِ عِنْدَ اللَّهِ خَيْرًا " فَوَدِدْتُ أَنَّهُ قَالَ: نَعَمْ، فَكَانَ أَحَبَّ إلَيَّ مِمَّا تَطْلُعُ عَلَيْهِ الشَّمْسُ وَتَغْرُبُ.

Dalam riwayat di atas, Abu Mu’aawiyyah Al-Bajaliy Ad-Duhniy langsung meriwayatkan dari ‘Amrah Al-Hamdaniyyah, tanpa menyebutkan perantara Sa’iid bin Jubair dari Abush-Shahbaa’. Jika disebutkan bahwa riwayat ini tidak shahih karena keberadaan Ibnu Lahii’ah yang kemungkinan menyingkat/memotong sanad, maka periwayatan Abu Mu’aawiyyah Al-Bajaliy Ad-Duhniy dari ‘Amrah Al-Hamdaaniyyah pantas untuk diragukan. Dengan kata lain, hanya satu orang perawi saja sebenarnya yang meriwayatkan dari ‘Amrah Al-Hamdaaniyyah sehingga menguatkan status kemajhulannya.

Apalagi, matannya bertentangan dengan riwayat shahih yang disebutkan dalam artikel di atas, sehingga penghukumannya menjadi MUNKAR.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar