Senin, 20 April 2015

7. NABI TIDAK MEWASIATKAN KEPEMIMPINAN KEPADA ALI RA

Riwayat Jalur Amr bin Sufyan (bag.2)

SANAD AMR BIN SUFYAN YANG SAMPAI KEPADA ATS TSAURIY
1.       Ats-Tsauriy Al-Aswad bin Qais seorang laki-laki ‘Aliy. √ (Jalur ini shahih sampai kepada Ats Tsauriy akan tetapi lemah karena ada perawi mubham, tetapi dapat dijadikan penguat)

2.       Ats-Tsauriy Al-Aswad bin Qais Amr bin Sufyan ‘Aliy. × (Riwayat ini tidak shahih sampai kepada Ats Tsauriy dikarenakan dalam sanad tersebut terdapat Isham seorang yang majhul ‘ain dan Muhammad bin Yazid ia memalsukan hadis dari para perawi tsiqat, riwayat ini tidak dapat dijadikan penguat)

3.       Ats-Tsauriy Al-Aswad bin Qais Said Amr Ali. × (Riwayat ini tidak shahih sampai kepada Ats Tsauriy, akibat kesendirian Abu ashim memasukkan Said dalam sanad, dan tidak ada mutaba'ahnya.)

4.       Ats-Tsauriy Al-Aswad bin Qais Qais Amr ‘Aliy.× (Riwayat ini tidak shahih sampai kepada Ats Tsauriy karena dalam sanad tersebut ada Fadhl bin Syu’aib dimana ia majhul ‘ain, dan terdapat pula Muhammad bin Khalid dimana ia sangat lemah)

5.       Ats-Tsauriy Al-Aswad bin Qais Qais ‘Aliy. × (Jalur ini diperselisihkan shahihnya pada Ats Tsauriy yaitu diperselisihkan periwayatan Qutaibah dari Jarir apakah setelah ikhtilah atau sebelum ikhtilath).

SANAD AMR BIN SUFYAN YANG SAMPAI PADA AL ASWAD :
6.       Abu Nu’aim Syariik Al-Aswad bin Qais ‘Amru bin Sufyaan. × (Jalur ini tidak shahih sampai kepada Al Aswad dikarenakan Syariik ikthilath, akan tetapi dapat dijadikan penguat)

SANAD AMR BIN SUFYAN DARI JALUR LAIN :
·         7a. Marwan Musawwir Al Waraq Amr bin Sufyan. × (menurut satu pendapat Musawwir Al Waraq ini adalah gurunya Marwan, dan ia majhul ‘ain, tidak dapat dijadikan penguat) 

·         7b. Marwan Musawwir Al Waraq Amr bin Sufyan. √ (menurut pendapat yang lain Musawwir Al Waraq ini adalah Musaawir Al-Warraaq Al-Kuufiy, Asy-Syaa’ir; seorang yang shaduuq dan Marwan seorang mudallis, oleh karena itu riwayat ini dapat dijadikan penguat).

Dari rangkaian sanad diatas, maka sanad yang dapat saling menguatkan adalah jalur 1,6 dan 7b.

KESIMPULAN : RIWAYAT INI SHAHIH SAMPAI KEPADA AMR BIN SUFYAN.

(bersambung di sini) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar